Rabu, 04 April 2012


Canda Syaikh Muqbil rahimahullah

Dikisahkan bahwa Syaikh Muqbil rahimahullah di datangi beberapa pelajar ketika sedang menyampaikan pelajaran. Mereka meminta beliau agar berkenan meruqyah seorang laki-laki yang mengalami kesurupan, yaitu dengan membacakan ayat al-Qur’an kepadanya. Syaikh Muqbil menceritakan sendiri kisah itu: “Maka aku pergi bersama mereka, meskipun aku belum pernah meruqyah seorang pun dengan bacaan al-Qur’an.
Setelah tiba di tempat yang di tuju, aku membacakan ayat-ayat al-Qur’an kepada orang yang kesurupan tadi dan aku memerintahkan sesuatu kepada jin yang merasukinya: “Hai Hamba Allah! Keluarlah kamu dari tubuh musuh Allah ini!” Padahal yang sesungguhnya ingin aku ucapkan adalah: “Hai Musuh Allah! Keluarlah kamu dari tubuh Hamba Allah ini!” Hanya saja, aku terbalik mengucapkannya”
Kisah Kedua
Syaikh Muqbil rahimahullah pernah menantang salah seorang rekan kami, Manshur al-Adyibi, untuk berlomba. Dan ternyata,  Manshur yang menang dalam perlombaan itu. Lalu dalam salah satu kesempatan di kelas, Syaikh melontarkan pertanyaan kepada Manshur dan tidak bisa dijawab olehnya. Lantas Syaikh berkata: “Kemenangan hari ini untuk membalas kekalahan yang kemarin!”
Sumber: Canda Nabi & Orang-Orang Shalih, Pustaka Imam Syafi’i via www.kisahislam.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar